Menu

Mode Gelap
Kapan Musim Kemarau 2024? Begini Penjelasan BMKG Kota Semarang Dikepung Banjir Suhartoyo Terpilih Menjadi Ketua Makhamah Konstitusi 2023-2028 Bawaslu: Empat Kabupaten dan Kota di Papua Rawan Tinggi Dalam Pemilu 2024 GBT Siap Gelar Piala Dunia U-17

Suara Dewan · 23 Agu 2022 17:10 WIB ·

Komisi III Siap Gelar Rapat Terbuka dengan Kapolri Terkait Pembunuhan Brigadir J


 Ketua Komisi III DPR RI Bambang Wuryanto saat konpers di Gedung Nusantara II DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa, 23/8/2022. (Foto: Jaka/Man) Perbesar

Ketua Komisi III DPR RI Bambang Wuryanto saat konpers di Gedung Nusantara II DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa, 23/8/2022. (Foto: Jaka/Man)

JURNALPOST, Jakarta – Ketua Komisi III DPR RI Bambang Wuryanto memastikan rapat Komisi III DPR RI dengan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo.

Menurut Bambang Pacul, sapaan akrab dari Ketua Komisi III, Rapat Dengar Pendapat (RDP) itu akan dilaksanakan pada Rabu (24/8). Dan pelaksanaan rapat akan berlangsung secara terbuka.

Agenda pembahasan yang akan digelar dalam RDP itu terkait dengan kasus yang menjerat mantan Kadiv Propam Polri Irjen FS. Bambang Pacul menegaskan, Komisi III ingin mengupas tuntas kasus penembakan Brigadir J.

“Jurnalis bisa memantau langsung di balkon Komisi III DPR RI Besok. Masyarakat bisa melihat Anggota Komisi III DPR RI akan bertanya langsung dalam rapat bersama Kapolri,” ungkap Bambang Pacul.

“Masing-masing Anggota Komisi III DPR RI akan mengajukan pertanyaan untuk mendalami kasus kematian Brigadir J agar kasus tersebut menjadi jelas dan tidak ada yang ditutupi,” tambah Bambang Pacul yang dikutip Jurnalpost saat diwawancarai Parlementaria dan awak media di Gedung Nusantara II DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (23/8/2022).

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi III DPR RI Adies Kadir menjelaskan bahwa rapat bersama Kapolri akan lebih fokus pada perkembangan penanganan kasus kematian Brigadir J yang saat ini sudah ada lima tersangka.

Adies mengungkapkan, pemanggilan Kapolri beserta jajaran dalam rangka tugas pengawasan Komisi III DPR RI terhadap institusi Polri khususnya terkait oknum-oknum institusi Polri yang ada dugaan terlibat kasus penembakan Brigadir J.

“Kami sebagai pengawas kinerja Polri akan menanyakan terkait dengan oknum-oknum yang beritanya beredar di tengah masyarakat,” pungkas Adies.

Baca juga:
Pembiayaan APBN Mengantisipasi Dinamika Pasar Keuangan yang Volatile
Kemenkeu: Pendapatan Negara Tumbuh Signifikan

“Komisi III sudah memanggil Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas), Komnas HAM, serta Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) untuk mendalami keterangan terkait kasus kematian Brigadir J. Hasil pendalaman dengan ketiga lembaga tersebut inilah yang akan ditanyakan kepada Kapolri dan jajaran dalam rapat pada hari Rabu (24/8) besok,” tandas Adies.

Penulis: Sitha Siska
Editor: Djali Achmad

 

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

TNI Kirim Kapal Rumah Sakit ke Palestina Dapat Dukungan Komisi I

6 November 2023 - 17:39 WIB

Komisi DPR RI

Dampak Konflik Israel-Palestina di Indonesia, Waspada Potensi Teroris

6 November 2023 - 16:21 WIB

Komisi III DPR RI

Anggota Parlemen Minta Jasa Marga Terapkan MLFF Tahun Ini

3 Mei 2023 - 12:09 WIB

DPR RI

Anggota Dewan Berharap Pemerintah Fokus pada Kemerdekaan Guru

3 Mei 2023 - 09:20 WIB

DPR RI

Ledia Hanifa Sampaikan Lima Evaluasi Sistim Pendidikan Indonesia

3 Mei 2023 - 09:13 WIB

DPR RI

Penegak Hukum Harus Ungkap Fakta Penembakan di Kantor MUI Pusat

3 Mei 2023 - 09:08 WIB

DPR RI
Trending di Keagamaan