Menu

Mode Gelap
Kapan Musim Kemarau 2024? Begini Penjelasan BMKG Kota Semarang Dikepung Banjir Suhartoyo Terpilih Menjadi Ketua Makhamah Konstitusi 2023-2028 Bawaslu: Empat Kabupaten dan Kota di Papua Rawan Tinggi Dalam Pemilu 2024 GBT Siap Gelar Piala Dunia U-17

Badan Usaha Negara · 3 Mei 2023 12:09 WIB ·

Anggota Parlemen Minta Jasa Marga Terapkan MLFF Tahun Ini


 Anggota Komisi VI DPR RI Rudi Hartono Bangun. (Foto: Oji/nr) Perbesar

Anggota Komisi VI DPR RI Rudi Hartono Bangun. (Foto: Oji/nr)

JURNALPOST – Anggota Komisi VI DPR RI Rudi Hartono Bangun mendorong pemerintah melalui BUMN terkait untuk mempercepat penerapan teknologi sistem pembayaran tanpa kartu di gerbang Tol.

Hal tersebut dinilai akan lebih efektif mengurangi penumpukan kendaraan dan kemacetan saat di pintu gerbang utama seperti Cikampek misalnya.

“Model pembayaran kartu otomatis seperti stiker yang ditempel di mobil atau disebut sistem Multi Lane Free Flow (MLFF) akan membuat siklus kendaraan lancar semua,” tukas Rudi dalam keterangan persnya.

Rudi menambahkan, “Dengan sistim tersebut mobil tidak perlu lagi berhenti menempelkan kartu tapi langsung portal itu terbuka otomatis dengan kecepatan tinggi,” terangnya saat mengikuti Kunjungan Kerja Reses Komisi VI DPR RI di Kota Bandung, Selasa (2/5/2023).

Politisi Partai Nasdem ini juga menyampaikan kepada pihak Jasa Marga. Selain harus banyak menambah pintu tol masuk dan keluar harus dibuat juga pintu-pintu rekayasa lalu lintas serta jalan-jalan alternatif.

Sehingga mobil yang keluar-masuk pintu tol dan yang datang, lancar tidak terjadi penumpukan. Terlebih penambahan mobil makin tahun makin banyak namun penambahan jalan tidak sebanyak penambahan kendaraan.

“Salah satu kelebihan sistem MLFF adalah pengguna jalan tol tidak perlu berhenti di gerbang tol apalagi mengantri saat melakukan pembayaran di gerbang tol. Dengan MLFF, diharapkan tidak ada kepadatan apalagi kemacetan di gerbang tol,” tandas Rudi.

Legislator Dapil Sumatera Utara III ini menegaskan pemerintah melalui BUMN terkait, segera menerapkan sistem MLFF mulai tahun ini. Lakukan secara serius dan tidak terlalu lama ujicoba dan pengembangan aplikasinya.

Baca juga:
Ledia Hanifa Sampaikan Lima Evaluasi Sistim Pendidikan Indonesia
Penegak Hukum Harus Ungkap Fakta Penembakan di Kantor MUI Pusat

“Masyarakat yang telah bayar menggunakan jalan tol berhak memperoleh pelayanan terbaik, kelancaran, serta kondisi jalan raya yang mulus. Sehingga tidak terjadi kecelakaan,” pungkas Rudi Hartono.

Penulis: Andriansyah
Editor: Djali Achmad

 

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 41 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

TNI Kirim Kapal Rumah Sakit ke Palestina Dapat Dukungan Komisi I

6 November 2023 - 17:39 WIB

Komisi DPR RI

Dampak Konflik Israel-Palestina di Indonesia, Waspada Potensi Teroris

6 November 2023 - 16:21 WIB

Komisi III DPR RI

Anggota Dewan Berharap Pemerintah Fokus pada Kemerdekaan Guru

3 Mei 2023 - 09:20 WIB

DPR RI

Ledia Hanifa Sampaikan Lima Evaluasi Sistim Pendidikan Indonesia

3 Mei 2023 - 09:13 WIB

DPR RI

Penegak Hukum Harus Ungkap Fakta Penembakan di Kantor MUI Pusat

3 Mei 2023 - 09:08 WIB

DPR RI

Peran Digitalisasi Dalam Kelancaran Arus Mudik Lebaran 2023

2 Mei 2023 - 21:39 WIB

DPR RI
Trending di Badan Usaha Negara