Menu

Mode Gelap
Kapan Musim Kemarau 2024? Begini Penjelasan BMKG Kota Semarang Dikepung Banjir Suhartoyo Terpilih Menjadi Ketua Makhamah Konstitusi 2023-2028 Bawaslu: Empat Kabupaten dan Kota di Papua Rawan Tinggi Dalam Pemilu 2024 GBT Siap Gelar Piala Dunia U-17

Ekonomi · 19 Jun 2022 17:00 WIB ·

Ekonomi Kreatif Cirebon Diharapkan Jadi Pengusaha Besar


 UMKM di Cirebon Diharapkan Menteri Bisa Menjadi Pengusaha Besar. (Foto: Kemenparekraf) Perbesar

UMKM di Cirebon Diharapkan Menteri Bisa Menjadi Pengusaha Besar. (Foto: Kemenparekraf)

JURNALPOST, Cirebon – Apresiasi Kreasi Indonesia 2022 (AKI) baru saja berlangsung di Cirebon, Jawa Barat. Ajang yang menjadi ruang kreasi bisnis bagi pelaku UMKM mendapat perhatian dari Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno.

Dalam kehadirannya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) berharap pelaku UMKM dapat naik kelas dengan meningkatkan kualitas produk dan memperluas jaringan pasar nasional hingga pasar global.

“Target kami ke depan, melalui pembinaan holistik dari Apresiasi Kreasi Indonesia 2022 ini pelaku ekonomi kreatif di Cirebon bisa naik kelas. Dari usaha kecil menengah menjadi usaha besar, serta bisa meningkatkan pasar ekspor,” kata Menparekraf dalam keterangan persnya kepada Jurnalpost.

Dalam mengembangkan produk ekonomi kreatif agar dapat naik kelas, imbuh Sandiaga Uno, Kemenparekraf mendorong pelaku ekonomi kreatif Cirebon agar bisa mengenal pasar Indonesia dalam memasarkan produknya. Sebab pasar Indonesia cakupannya sangat luas dan pangsa pasarnya beragam.

“Pasar Indonesia sangat besar. Kita harus mampu mengenali pasar kita sendiri. Harus mampu membangun tim manajemen yang solid, dan juga memperkuat manajemen keuangan usaha. Itu tiga (3) poin penting yang harus dipetik,” ujarnya di pameran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022 di Grage City Mall Cirebon, Minggu (19/06/2022).

Pada kesempatan itu, Sandiaga Uno juga turut memasarkan secara digital berbagai produk peserta ekonomi kreatif yang hadir pada AKI 2022. Ia berharap melalui pemasaran digital itu dapat membantu meningkatkan penjualan para pelaku ekonomi kreatif.

Baca juga:
Produk Olahan Ubi UMKM Kuningan Disukai di Italia
UMKM Diharapkan Jadi Tatanan Ekonomi Baru di Kabupaten Cirebon

“Tadi saya juga sudah mencoba memasarkan untuk produknya secara digitalisasi. Semua produknya sudah saya kunjungi dan kita sudah mengambil gambar. Saya optimistis mereka bisa mengatasi tantangan dari situasi pandemi ini dan membentuk suatu tatanan ekonomi baru,” kata Menparekraf.

Penulis: Sitha Siska
Editor: Djali Achmad

 

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 170 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Gaji 5 Juta Kini Kena Pajak?

3 Januari 2023 - 07:14 WIB

Gaji 5 Juta Kini Kena Pajak?

Menko Luhut: Penggunaan Sistim Digitalisasi Pelabuhan Indonesia Akan Lebih Efesien dan Hindari Korupsi

28 Desember 2022 - 14:34 WIB

Digitalisasi Pelabuhan

Dukung Pengembangan Electric Vehicle, Menko Airlangga Dorong Investasi Sektor Industri Otomotif

27 Desember 2022 - 15:56 WIB

Menko Airlangga

Kabupaten Kudus Gelar UMKM Expo Guna Dongkrak Pengembangan Ekonomi Kreatif

19 Desember 2022 - 07:10 WIB

UMKM Ecoprint

Pelaku Usaha IKM Gunungsitoli Dilatih Membuat Keripik Gamumu

12 Desember 2022 - 16:19 WIB

Kripik Gamumu

Citi Bersama Home Credit Dukung Fasilitas Pembiayaan Sosial Senilai 275 Miliar

10 Desember 2022 - 08:15 WIB

Citi Bank Home Credit
Trending di Ekonomi