JURNALPOST, Cirebon – Apresiasi Kreasi Indonesia 2022 (AKI) baru saja berlangsung di Cirebon, Jawa Barat. Ajang yang menjadi ruang kreasi bisnis bagi pelaku UMKM mendapat perhatian dari Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno.
Dalam kehadirannya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) berharap pelaku UMKM dapat naik kelas dengan meningkatkan kualitas produk dan memperluas jaringan pasar nasional hingga pasar global.
“Target kami ke depan, melalui pembinaan holistik dari Apresiasi Kreasi Indonesia 2022 ini pelaku ekonomi kreatif di Cirebon bisa naik kelas. Dari usaha kecil menengah menjadi usaha besar, serta bisa meningkatkan pasar ekspor,” kata Menparekraf dalam keterangan persnya kepada Jurnalpost.
Dalam mengembangkan produk ekonomi kreatif agar dapat naik kelas, imbuh Sandiaga Uno, Kemenparekraf mendorong pelaku ekonomi kreatif Cirebon agar bisa mengenal pasar Indonesia dalam memasarkan produknya. Sebab pasar Indonesia cakupannya sangat luas dan pangsa pasarnya beragam.
“Pasar Indonesia sangat besar. Kita harus mampu mengenali pasar kita sendiri. Harus mampu membangun tim manajemen yang solid, dan juga memperkuat manajemen keuangan usaha. Itu tiga (3) poin penting yang harus dipetik,” ujarnya di pameran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022 di Grage City Mall Cirebon, Minggu (19/06/2022).
Pada kesempatan itu, Sandiaga Uno juga turut memasarkan secara digital berbagai produk peserta ekonomi kreatif yang hadir pada AKI 2022. Ia berharap melalui pemasaran digital itu dapat membantu meningkatkan penjualan para pelaku ekonomi kreatif.
Baca juga:
Produk Olahan Ubi UMKM Kuningan Disukai di Italia
UMKM Diharapkan Jadi Tatanan Ekonomi Baru di Kabupaten Cirebon
“Tadi saya juga sudah mencoba memasarkan untuk produknya secara digitalisasi. Semua produknya sudah saya kunjungi dan kita sudah mengambil gambar. Saya optimistis mereka bisa mengatasi tantangan dari situasi pandemi ini dan membentuk suatu tatanan ekonomi baru,” kata Menparekraf.
Penulis: Sitha Siska
Editor: Djali Achmad