Menu

Mode Gelap
Kapan Musim Kemarau 2024? Begini Penjelasan BMKG Kota Semarang Dikepung Banjir Suhartoyo Terpilih Menjadi Ketua Makhamah Konstitusi 2023-2028 Bawaslu: Empat Kabupaten dan Kota di Papua Rawan Tinggi Dalam Pemilu 2024 GBT Siap Gelar Piala Dunia U-17

Badan Usaha Negara · 2 Mei 2023 21:39 WIB ·

Peran Digitalisasi Dalam Kelancaran Arus Mudik Lebaran 2023


 Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Sarmuji saat memimpin pertemuan Tim Kunres Komisi VI DPR RI di Surabaya, Jawa Timur, Selasa, 2/5/2023. (Foto: Tiara/nr) Perbesar

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Sarmuji saat memimpin pertemuan Tim Kunres Komisi VI DPR RI di Surabaya, Jawa Timur, Selasa, 2/5/2023. (Foto: Tiara/nr)

JURNALPOST – Akselerasi penerapan digitalisasi sebagai bentuk pelayanan BUMN kepada masyarakat, menjadi faktor penting dalam mensukseskan arus mudik lebaran tahun 2023.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Sarmuji usai memimpin Tim Kunjungan Kerja Reses, di Surabaya, Jawa Timur, Selasa (2/5/2023).

Kunjungan itu dalam rangka evaluasi kesiapan BUMN Transportasi dan BUMN Energi serta BUMN Pendukung pada Hari Raya Idul Fitri 1444 H, demikian dalam keterangan persnya.

“Dari evaluasi sistem digitalisasi, hasilnya menambah kelancaran yang luar biasa. Misal di ASDP, dengan adanya aplikasi membuat pemesanan tiket kapal ferry menjadi lebih tertib, rapi, dan yang paling penting menghindari calo sehingga konsumen tidak dirugikan,” ungkap Sarmuji.

Politisi Partai Golkar ini turut mengapresasi persiapan yang telah dilakukan BUMN Transportasi, BUMN Energi, serta BUMN pendukung yang pada pelaksanaannya berjalan lebih baik sehingga arus mudik pada momen Hari Raya Idul Fitri 1444 H berjalan lebih nyaman.

“Tentu ini tidak luput dari adanya koordinasi berbagai instansi baik Kepolisian, Kemenhub, bersama BUMN terkait juga Pemda dan Stakeholder lain. Kami ucapkan terima kasih sekaligus apresiasi pada seluruh jajaran yang sudah mempersiapkan diri,” ungkap Sarmudji.

Pada kesempatan yang sama Direktur Utama PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi pada paparannya menuturkan. Perbaikan yang sudah dilakukan salah satunya adalah pembelian tiket di pelabuhan Ciwandan.

Baca juga:
Puan: Harumkan Nama Bangsa di Sea Games
Jumlah Desa yang Disurvey dan Direkap Kemendes PDTT Beda Selisih 4.076 Desa

Pelabuhan dengan Lintasan Ciwandan-Bakauheni dan Ciwandan-Panjang sudah terintegrasi dengan aplikasi Ferizy. “Sehingga tidak ada penjualan tiket di area sekitar pelabuhan penyeberangan dan 95% pengguna jasa sudah melakukan reservasi online,” jelasnya.

Penulis: Andriansyah
Editor: Djali Achmad

 

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 19 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Kota Semarang Dikepung Banjir

15 Maret 2024 - 13:47 WIB

Warga Kota Semarang mendorong motor yang mogok akibat banjir.

Pesawat Ketiga Bantuan Kemanusiaan Indonesia untuk Palestina Tiba di El Arish

7 November 2023 - 14:16 WIB

Bantuan Kemanusiaan

TNI Kirim Kapal Rumah Sakit ke Palestina Dapat Dukungan Komisi I

6 November 2023 - 17:39 WIB

Komisi DPR RI

Bantuan Kemanusiaan Indonesia untuk Palestina tiba di Mesir

6 November 2023 - 16:57 WIB

Bantuan Kemanusian

Dampak Konflik Israel-Palestina di Indonesia, Waspada Potensi Teroris

6 November 2023 - 16:21 WIB

Komisi III DPR RI

Presiden Joko Widodo Lepas Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina

4 November 2023 - 10:36 WIB

Presiden Joko Widodo
Trending di Kemanusiaan