Menu

Mode Gelap
Kapan Musim Kemarau 2024? Begini Penjelasan BMKG Kota Semarang Dikepung Banjir Suhartoyo Terpilih Menjadi Ketua Makhamah Konstitusi 2023-2028 Bawaslu: Empat Kabupaten dan Kota di Papua Rawan Tinggi Dalam Pemilu 2024 GBT Siap Gelar Piala Dunia U-17

Pariwisata · 12 Jul 2022 17:15 WIB ·

Profil Destinasi Wisata di Kabupaten Teluk Wondama


 Perairan di Pulau Rumberpon sangat jernih. Dasar lautnya cukup landai. Karang berkelas dunia tumbuh disini. Hamparan terumbu karangnya tersebar mengelilingi pulau. (Foto: Faisal Rauf) Perbesar

Perairan di Pulau Rumberpon sangat jernih. Dasar lautnya cukup landai. Karang berkelas dunia tumbuh disini. Hamparan terumbu karangnya tersebar mengelilingi pulau. (Foto: Faisal Rauf)

JURNALPOST, Jakarta – Seorang pelancong wisata alam sejati seyogyanya memiliki pengetahuan tentang keberadaan objek-objek wisata alam yang menjadi destinasi perjalanannya.

Guna menambah khasanah akan keberadaan destinasi tersebut, berikut ini terdapat profil destinasi wisata alam yang terdapat di Kabupaten Teluk Wondama, Provinsi Papua Barat.

Pulau Rumberpon

Pulau ini terletak di bagian utara Kabupaten Teluk Wondama, dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Manokwari, Provinsi papua Barat. Pulau Rumberpon memiliki pantai yang indah yaitu Pantai Pasir Panjang.

Kondisi Pantai Pasir Panjang tidak berkarang sama sekali. Panjang pantainya mencapai hingga 6.000 meter. Air laut di pulau Rumberpon sangatlah jernih. Sedangkan kondisi di sepanjang tepi pantai, dipenuhi rataan terumbu (reef flat).

Profil dasar lautnya cukup landai hingga 100 meter ke tebing. Karang berkelas dunia tumbuh disini. Hamparan terumbu karangnya hampir tersebar merata mengelilingi pulau ini.

Di pulau ini memiliki delapan kegiatan wisata yang dapat Anda lakukan. Antara lain Ski Air, Wisata Pantai, Wisata Mangrove, Pengamatan Burung dan Rusa, Pengamatan Terumbu Karang, Snorkeling atau Scuba Diving, Wind Surving, dan Memancing.

Selain itu, di Pulau Rumberpon terdapat padang liar yang cukup luas. Yang di dalamnya banyak dihuni oleh satwa buru, rusa. Pada habitat mangrove dan padang lamun, Anda akan menjumpai satwa laut duyung dan penyu laut.

Untuk mencapai Pulau Rumberpon, Anda dapat memulainya dari Kabupaten Manokwari dengan menggunakan jalur laut. Alat transportasi yang siap mengangkut berupa longboat, dengan waktu tempuh selama 5,5 jam.

Anda juga dapat memilih menggunakan jalur darat. Dari Kabupaten Manokwari menuju Ransiki, dengan memakan waktu sekitar 3 jam. Dilanjutkan menggunakan jalur laut dari Ransiki menuju Pulau Rumberpon dengan menggunakan longboat selama 2 jam.

Pulau Nusrowi

Pulau Nusrowi terletak di sebelah barat laut Pulau Rumberpon. Pulau ini terbilang kecil, luasnya sekitar 4 hektar. Yang menarik dari pulau ini ialah ia dikelilingi oleh perairan dangkal yang penuh dengan terumbu karang.

Selain itu, pada terumbu karangnya dipenuhi oleh berbagai jenis ikan hias. Untuk ikan komoditasnya seperti ikan kerapu, ikan teripang, dan lobster, akan dijumpai di perairan sekitar pulau.

Kegiatan wisata yang dapat dilakukan di Pulau Nasrowi misalnya Wisata Pantai, Diving atau Selam, Pengamatan Terumbu Karang dan aneka Ikan Hias, serta Memancing.

Untuk menuju Pulau Nusrowi sama dengan jalur menuju Pulau Rumberpon. Bedanya, setelah tiba di Ransiki dilanjutkan ke Pulau Nusrowi dengan menggunakan longboat sekitar 1,5 jam.

 

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 79 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Kapan Musim Kemarau 2024? Begini Penjelasan BMKG

15 Maret 2024 - 16:05 WIB

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, menjelaskan wilayah-wilayah mana saja yang awal kemaraunya diprediksi mundur.

Suhartoyo Terpilih Menjadi Ketua Makhamah Konstitusi 2023-2028

10 November 2023 - 15:45 WIB

Mahkamah Konstitusi (MK)

GBT Siap Gelar Piala Dunia U-17

10 November 2023 - 14:33 WIB

Piala Dunia U-17 Indonesia

Cacar Monyet (Monkeypox): Penyebab dan Gejalanya!

9 November 2023 - 17:44 WIB

Cacar Monyet

Vaksinasi Cacar Monyet Diprioritaskan Bagi Penderita Homoseksual

9 November 2023 - 16:47 WIB

Cacar Monyet

Penyakit Cacar Monyet Melonjak, Waspada!

9 November 2023 - 16:15 WIB

Cacar Monyet
Trending di Kesehatan