Menu

Mode Gelap
Kapan Musim Kemarau 2024? Begini Penjelasan BMKG Kota Semarang Dikepung Banjir Suhartoyo Terpilih Menjadi Ketua Makhamah Konstitusi 2023-2028 Bawaslu: Empat Kabupaten dan Kota di Papua Rawan Tinggi Dalam Pemilu 2024 GBT Siap Gelar Piala Dunia U-17

Pendidikan · 11 Jun 2022 13:00 WIB ·

Pemerintah Gelar Ekspedisi Jalur Rempah Nusantara


 Cari keunggulan daerah, pemerintah gelar Ekspedisi Jalur Rempah Nusantara. (Foto: Kemendikbudristek) Perbesar

Cari keunggulan daerah, pemerintah gelar Ekspedisi Jalur Rempah Nusantara. (Foto: Kemendikbudristek)

JURNALPOST | Jakarta – Pemerintah Indonesia mencari keunggulan daerah-daerah yang dulu dikenal sebagai jalur rempah nusantara. Untuk itu pemerintah mengadakan Ekspedisi Bahari Jalur Rempah Nusantara.

Kegiatan ini digagas Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) bekerjasama dengan TNI Angkatan Laut. Menurut Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Kemendikbudristek, Restu Gunawan, Muhibah Budaya Jalur Rempah merupakan ekspedisi untuk menyambungkan kebudayaan dari satu titik ke titik lainnya dengan semangat gotong royong.

“Jadi tidak hanya sekadar berlayar saja.  Ketersambungan dari satu titik ke titik lainnya menjadi penting karena akan menjadi kata kunci. Sehingga kita perlu mengangkat highlight di setiap titik dan mencari keunggulannya,” ujar Restu.

Selain itu, imbuhnya, ekspedisi ini juga menargetkan jalur rempah nusantara diakui Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) sebagai warisan budaya dunia pada tahun 2024.

“Ini menjadi salah satu upaya menggaungkan keagungan peradaban nusantara,” kata Restu dalam webinar Silaturahmi Muhibah Jalur Rempah, Napak Tilas Perdagangan Rempah Nusantara, Kamis (9/6/2022).

Dalam pelaksanaan ekspedisi, Kemendikbudristek berkolaborasi dengan berbagai pihak seperti TNI AL, pemerintah daerah (pemda), komunitas budaya, serta masyarakat.

“Jauh sebelum era pemerintahan kolonial, rempah-rempah telah memengaruhi peradaban dunia,” ujar Restu. Bentuk pengaruhnya dalam pengetahuan tradisional, pengobatan, kuliner, fesyen, kesenian dan lain sebagainya, sehingga memengaruhi kebudayaan dan peradaban dunia.

Walikota Ternate, Tauhid Soleman mengatakan, Kota Ternate dan Kemendikbudristek siap dalam mensukseskan Muhibah Budaya Jalur Rempah.

“Ini menjadi kebanggaan bagi kami sebagai pemerintah daerah karena kota Ternate menjadi satu titik singgah dari perjalanan tersebut,” tutur Tauhid.

 

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 8 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Kapan Musim Kemarau 2024? Begini Penjelasan BMKG

15 Maret 2024 - 16:05 WIB

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, menjelaskan wilayah-wilayah mana saja yang awal kemaraunya diprediksi mundur.

Suhartoyo Terpilih Menjadi Ketua Makhamah Konstitusi 2023-2028

10 November 2023 - 15:45 WIB

Mahkamah Konstitusi (MK)

GBT Siap Gelar Piala Dunia U-17

10 November 2023 - 14:33 WIB

Piala Dunia U-17 Indonesia

Cacar Monyet (Monkeypox): Penyebab dan Gejalanya!

9 November 2023 - 17:44 WIB

Cacar Monyet

Vaksinasi Cacar Monyet Diprioritaskan Bagi Penderita Homoseksual

9 November 2023 - 16:47 WIB

Cacar Monyet

Penyakit Cacar Monyet Melonjak, Waspada!

9 November 2023 - 16:15 WIB

Cacar Monyet
Trending di Kesehatan