Menu

Mode Gelap
Kapan Musim Kemarau 2024? Begini Penjelasan BMKG Kota Semarang Dikepung Banjir Suhartoyo Terpilih Menjadi Ketua Makhamah Konstitusi 2023-2028 Bawaslu: Empat Kabupaten dan Kota di Papua Rawan Tinggi Dalam Pemilu 2024 GBT Siap Gelar Piala Dunia U-17

Pendidikan · 11 Jun 2022 14:00 WIB ·

TNI AL Dukung Ekspedisi Jalur Rempah Nusantara


KRI Dewaruci sebagai satu dukungan yang diberikan TNI AL dalam Ekspedisi Jalur Rempah Nusantara. (Foto: Antara) Perbesar

KRI Dewaruci sebagai satu dukungan yang diberikan TNI AL dalam Ekspedisi Jalur Rempah Nusantara. (Foto: Antara)

JURNALPOST | Jakarta – Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) mendukung kegiatan Ekspedisi Napak Tilas Jalur Rempah Nusantara 2022. Dukungan yang diberikan TNI AL berupa peralatan seperti kapal laut, personel, dan pangkalan-pangkalan yang disinggahi para peserta ekspedisi napak tilas.

“Kita menyiapkan Kapal Republik Indonesia (KRI) Dewaruci sebagai kendaraan utama dalam berlayar. Selain itu, TNI AL juga telah membentuk satgas dan menambah beberapa personil keamanan yang diambil dari luar Anak Buah Kapal (ABK) Dewaruci,” tutur Kolonel Laut (P) Amrin Rosihan H dalam Webinar Muhibah Jalur Rempah Nusantara, Kamis (09/06/2022).

Pimpinan Angkatan Laut, pungkas Amrin, juga telah mengintruksikan agar seluruh pangkalan di kota yang akan disinggahi KRI Dewaruci untuk berkoordinasi dengan pemda setempat dan aparatur wilayah.

“Ini untuk menyukseskan penyambutan serta pelepasan peserta kegiatan ketika berada di darat maupun saat berlayar,” kata Amrin.

Lebih dari itu, masih menurut Amrin, Panglima Armada juga diperintahkan untuk mengerahkan kapal-kapal serta unsur lainnya yang ada agar melaksanakan pengamanan sepanjang rute yang dilalui KRI Dewaruci.

“Upaya tersebut adalah bentuk dukungan kami dalam Muhibah Budaya Jalur Rempah. Karena kegiatan ini betul-betul bernuansa maritim dan TNI Angkatan Laut mempunyai tugas pokok di sana,” tuturnya.

Ia menambahkan, selama berlayar TNI Angkatan Laut turut berbagi pengalaman kepada peserta tentang keterlibatan dalam kehidupan di kapal layar.

Pengenalan peralatan selam, kesehatan, dan lainnya yang menjadi bagian dari KRI Dewaruci, serta cara penyelamatan diri dari bahaya kebakaran dan kebocoran.

“Jadi mereka diharapkan memiliki paket yang meskipun singkat waktunya tapi minimal mempunyai gambaran seperti apa kehidupan di kapal Angkatan Laut,” ujar Amrin.

Dalam pengawalan perjalanan Muhibah Budaya Jalur Rempah, TNI Angkatan Laut melibatkan sebanyak 80 personil. Mereka terdiri dari satuan tugas kesehatan, satgas penanganan dan satgas penerangan.

Selain itu, turut bergabung dari staf operasi TNI Angkatan Laut (Sopsal) dan staf logistik untuk menyiapkan segala bentuk keperluan termasuk peralatan keamanan personil dan lainnya.

“Semoga kegiatan ini bisa memperkuat visi Indonesia sebagai poros maritim dunia dan menjadi agenda tahunan yang bisa diselenggarakan dengan rute lainnya,” harap Amrin.

Saat singgah di kota Ternate, Provinsi Maluku Utara, Kamis (09/06/2022), tim Ekspedisi Napak Tilas Jalur Rempah Nusantara disambut Walikota Ternate Tauhid Soleman. Mereka disambut Walikota dan warga Ternate di kota itu.

“Kami akan menunjukkan beberapa tempat seperti Benteng, Keraton Kesultanan Ternate, dan kebun Cengkeh tertua yang biasa disebut Cengkeh Afo oleh masyarakat Ternate,” kata Tauhid.

Untuk mewujudkan keberhasilan Muhibah Budaya Jalur Rempah di Kota Ternate, terang Tauhid, jajarannya telah bekerjasama dengan dinas terkait.

Dinas pemerintahan yang dilibatkan seperti Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Pariwisata Kota Ternate, serta Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Ternate.

“Kami harap kegiatan ini dapat berjalan dengan sempurna karena masyarakat Kota Ternate juga sangat antusias atas kedatangan rombongan Muhibah Budaya Jalur Rempah ini,” tutur Tauhid.

 

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 54 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Kapan Musim Kemarau 2024? Begini Penjelasan BMKG

15 Maret 2024 - 16:05 WIB

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, menjelaskan wilayah-wilayah mana saja yang awal kemaraunya diprediksi mundur.

Suhartoyo Terpilih Menjadi Ketua Makhamah Konstitusi 2023-2028

10 November 2023 - 15:45 WIB

Mahkamah Konstitusi (MK)

GBT Siap Gelar Piala Dunia U-17

10 November 2023 - 14:33 WIB

Piala Dunia U-17 Indonesia

Cacar Monyet (Monkeypox): Penyebab dan Gejalanya!

9 November 2023 - 17:44 WIB

Cacar Monyet

Vaksinasi Cacar Monyet Diprioritaskan Bagi Penderita Homoseksual

9 November 2023 - 16:47 WIB

Cacar Monyet

Penyakit Cacar Monyet Melonjak, Waspada!

9 November 2023 - 16:15 WIB

Cacar Monyet
Trending di Kesehatan