Menu

Mode Gelap
Kapan Musim Kemarau 2024? Begini Penjelasan BMKG Kota Semarang Dikepung Banjir Suhartoyo Terpilih Menjadi Ketua Makhamah Konstitusi 2023-2028 Bawaslu: Empat Kabupaten dan Kota di Papua Rawan Tinggi Dalam Pemilu 2024 GBT Siap Gelar Piala Dunia U-17

Kemanusiaan · 28 Des 2022 12:17 WIB ·

Tertahan Akibat Cuaca dan Gelombang, Wisatawan Karimunjawa Berhasil di Evakuasi


Tertahan Akibat Cuaca dan Gelombang, Wisatawan Karimunjawa Berhasil di Evakuasi. (Foto: Kab. Jepara) Perbesar

Tertahan Akibat Cuaca dan Gelombang, Wisatawan Karimunjawa Berhasil di Evakuasi. (Foto: Kab. Jepara)

JURNALPOST – Wisatawan yang ada di Karimunjawa berhasil dievakuasi, yang sebelumnya sempat tertahan akibat gelombang tinggi dan cuaca buruk di perairan laut Jawa.

Seperti dilansir dari situs Pemkab Jepara, proses evakuasi wisatawan dilakukan menggunakan Kapal KM Kelimutu, dan kini telah tiba di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

Jumlah wisatawan yang berhasil di evakuasi sebanyak 490 wisatawan, baik wisatawan lokal maupun asing. Dan kondisinya kini dalam keadaan sehat.

Mereka dievakuasi dari Karimunjawa pada Selasa (27/12/2022) Pukul 22.00 WIB. Dan tiba di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang pada Rabu (28/12/2022) Pukul 05.00 WIB.

Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta menyambut langsung kedatangan para wisatawan tersebut di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

Dengan didampingi Kapolres Jepara AKBP Warsono, Dandim 0719/Jepara Letkol Inf. Mokhamad Husnur Rofiq, Sekda Edy Sujatmiko, dan Kabid Perhubungan Laut Dishub Jepara Suroto,

Pj. Bupati Jepara Edy Supriyanta mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu proses evakuasi wisatawan di Karimunjawa.

Pemkab Jepara sudah menyiapkan 4 bus untuk mengangkut 69 wisatawan ke Jepara. Ada juga wisatawan menggunakan biro tour sudah dijemput oleh pihak biro itu sendiri.

“Sudah disiapkan 4 armada bus 2 dari Pemkab Jepara dan 2 dari Provinsi Jawa Tengah yang nantinya akan membawa wisatawan kembali ke Jepara,” kata Edy.

Edy Supriyanta juga menyempatkan diri untuk menemui wisatawan di bus yang telah disediakan. Ia berpesan kepada wisatawan agar tidak takut berkunjung lagi ke Karimunjawa.

“Tetap berkunjung ke Karimunjawa, tetapi tidak dalam gelombang dan cuaca yang buruk,” tegasnya.

Sementara itu, Zaki wisatawan asal Bandung mengaku senang bisa kembali dengan sehat. Ia berada di Karimunjawa sejak Kamis (22/12/2022) hingga Minggu (25/12/2022).

Baca juga:
Akibat Cuaca Buruk Kepulangan 115 Keluarga Karimunjawa Tertahan di Pelabuhan Kartini
BMKG: Potensi Cuaca Besok di Jabodetabek Bukan Badai, tapi Begini

Tetapi karena gelombang tinggi dan cuaca masih buruk dirinya terpaksa harus menunda untuk kembali ke Pelabuhan Kartini di Jepara.

“Alhamdulillah hari ini saya sudah sampai Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dengan keadaan sehat. Dari Semarang saya balik Bandung menggunakan kereta,” kata Zaki.

Penulis: Gerri Mulkhis
Editor: Djali Achmad

 

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 14 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Kota Semarang Dikepung Banjir

15 Maret 2024 - 13:47 WIB

Warga Kota Semarang mendorong motor yang mogok akibat banjir.

Pesawat Ketiga Bantuan Kemanusiaan Indonesia untuk Palestina Tiba di El Arish

7 November 2023 - 14:16 WIB

Bantuan Kemanusiaan

Bantuan Kemanusiaan Indonesia untuk Palestina tiba di Mesir

6 November 2023 - 16:57 WIB

Bantuan Kemanusian

Presiden Joko Widodo Lepas Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina

4 November 2023 - 10:36 WIB

Presiden Joko Widodo

Penegak Hukum Harus Ungkap Fakta Penembakan di Kantor MUI Pusat

3 Mei 2023 - 09:08 WIB

DPR RI

Peran Digitalisasi Dalam Kelancaran Arus Mudik Lebaran 2023

2 Mei 2023 - 21:39 WIB

DPR RI
Trending di Badan Usaha Negara