Menu

Mode Gelap
Kapan Musim Kemarau 2024? Begini Penjelasan BMKG Kota Semarang Dikepung Banjir Suhartoyo Terpilih Menjadi Ketua Makhamah Konstitusi 2023-2028 Bawaslu: Empat Kabupaten dan Kota di Papua Rawan Tinggi Dalam Pemilu 2024 GBT Siap Gelar Piala Dunia U-17

Ekonomi · 25 Jul 2022 17:00 WIB ·

Solo Keroncong Festival 2022 Ajang UMKM Berkreasi dan Berinovasi


 Turut hadir dalam acara Solo Keroncong Festival 2022 Menteri Koperasi UKM Teten Masduki, Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka, Walikota Sawahlunto Deri Asta dan lainnya. (Foto: Kemenkop UKM) Perbesar

Turut hadir dalam acara Solo Keroncong Festival 2022 Menteri Koperasi UKM Teten Masduki, Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka, Walikota Sawahlunto Deri Asta dan lainnya. (Foto: Kemenkop UKM)

JURNALPOST, Solo – Sejak dulu Solo selalu menjadi kiblat untuk mendalami ilmu budaya keroncong. Seiring dengan evolusinya, keroncong bertransformasi dari keroncong tempo doeloe hingga keroncong modern.

Begitu pula festival musik keroncong yang juga terus berbenah. Seperti penyelenggaraan Solo Keroncong Festival (SKF) 2022 yang tidak saja berbenah dari segi musik keroncong itu sendiri, tapi juga dalam hal dampak ekonomi.

Hal itu disampaikan Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki. Menteri Teten menegaskan, penyelenggaraan Solo Keroncong Festival (SKF) 2022 dapat menggelorakan perputaran ekonomi Solo dan sekitarnya.

Sehingga, tegas Menteri Teten, kegiatan SKF 2022 yang cukup kreatif ini dapat berdampak positif terhadap kesejahteraan masyarakat secara luas.

“SKF 2022 menjadi kesempatan bagi UMKM unggulan Solo yang berbasis kreativitas dan inovasi untuk unjuk gigi,” kata Menteri Teten saat membuka SKF 2022, di Solo, Minggu (24/7).

Dalam keterangan persnya Menteri Teten menambahkan, ajang SKF 2022 yang mengangkat tema “Keroncong Fusion” menjadi relevan dalam memperkenalkan grup-grup orkes nasional dan internasional ke generasi muda.

Terlebih Solo merupakan rumah bagi begitu banyak legenda keroncong. Salah satunya seniman keroncong kota Solo Hj. Waldjinah yang di usia 76 tahun masih berkarya lewat musik keroncong.

“SKF 2022 akan menginspirasi pula lahirnya bibit-bibit legenda keroncong di masa depan,” pungkas Menteri Teten.

Ia juga berharap penyelenggaraan SKF dapat terus bergulir dan tumbuh lebih besar. Termasuk dapat mengukuhkan keroncong sebagai kekayaan budaya Indonesia yang dikenal masyarakat dunia.

SKF 2022 yang diselenggarakan pada dua hari berturut-turut, dari tanggal 24-25 Juli 2022, menampilkan kolaborasi musik keroncong. Misalnya perpaduan dengan genre musik pop, campursari, hingga jazz.

Pada kesempatan itu MenKteri Teten Masduki bersama Walikota Solo dan Walikota Sawahlunto, berkesempatan menyerahkan piagam penghargaan untuk pengisi acara dan bintang tamu.

Baca juga:
UMKM Mampu Serap 97 Persen Tenaga Kerja Nasional
Profil Destinasi Wisata di Kabupaten Teluk Wondama

Turut hadir dalam acara tersebut, Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka, Walikota Sawahlunto Deri Asta, Staf Khusus MenKopUKM Bidang Ekonomi Kreatif Fiki Satari.

Termasuk Kepala Dinas Bidang Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah Ema Rachmawati, dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Solo Bapak Nugroho Joko Prastowo.

Penulis: Micky Wijaya
Editor: Djali Achmad

 

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 80 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Gaji 5 Juta Kini Kena Pajak?

3 Januari 2023 - 07:14 WIB

Gaji 5 Juta Kini Kena Pajak?

Menko Luhut: Penggunaan Sistim Digitalisasi Pelabuhan Indonesia Akan Lebih Efesien dan Hindari Korupsi

28 Desember 2022 - 14:34 WIB

Digitalisasi Pelabuhan

Dukung Pengembangan Electric Vehicle, Menko Airlangga Dorong Investasi Sektor Industri Otomotif

27 Desember 2022 - 15:56 WIB

Menko Airlangga

Kabupaten Kudus Gelar UMKM Expo Guna Dongkrak Pengembangan Ekonomi Kreatif

19 Desember 2022 - 07:10 WIB

UMKM Ecoprint

Pelaku Usaha IKM Gunungsitoli Dilatih Membuat Keripik Gamumu

12 Desember 2022 - 16:19 WIB

Kripik Gamumu

Citi Bersama Home Credit Dukung Fasilitas Pembiayaan Sosial Senilai 275 Miliar

10 Desember 2022 - 08:15 WIB

Citi Bank Home Credit
Trending di Ekonomi