Menu

Mode Gelap
Kapan Musim Kemarau 2024? Begini Penjelasan BMKG Kota Semarang Dikepung Banjir Suhartoyo Terpilih Menjadi Ketua Makhamah Konstitusi 2023-2028 Bawaslu: Empat Kabupaten dan Kota di Papua Rawan Tinggi Dalam Pemilu 2024 GBT Siap Gelar Piala Dunia U-17

Badan Usaha Negara · 7 Jun 2022 17:00 WIB ·

Sertifikasi Halal, Puluhan UMKM Berastagi Ikut Bimtek


 Sucofindo dukung akselerasi sertifikasi UMKM binaan kantor perwakilan Bank Indonesia Sumatera Utara. (Foto: Sucofindo) Perbesar

Sucofindo dukung akselerasi sertifikasi UMKM binaan kantor perwakilan Bank Indonesia Sumatera Utara. (Foto: Sucofindo)

JURNALPOST | Jakarta – Sekitar 20 UMKM mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) program sertifikasi Halal bagi UMKM binaan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara di hotel Grand Mutiara, Berastagi, Sumatera Utara, Jumat (3/6/2022).

Bimbingan teknis yang merupakan kolaborasi BI Sumatera Utara dengan PT Sucofindo ini untuk mendukung UMKM mitra binaan Kantor Perwakilan BI Sumatera Utara dalam mengimplementasikan UU No. 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal yang ada di Indonesia.

Deputi Direktur BI Sumatera Utara, Poltak Sitanggang mengatakan, ia mengapresiasi peran Sucofindo dalam meningkatkan pengetahuan bagi UMKM.

“Pembinaan UMKM ini merupakan salah satu upaya untuk mempercepat proses Sertifikasi Halal bagi UMKM binaan kami,” ujar Poltak.

Secara terpisah, Kepala Cabang PT Sucofindo Medan, Limlim Abdul Halim menjelaskan, untuk mempercepat proses sertifikasi Halal, Sucofindo berinovasi dengan menyediakan aplikasi Sistem Aplikasi Halal dan Informasi Halal (SAHIH) pada halal.sucofindo.co.id. Aplikasi ini terintegrasi dengan aplikasi SIHALAL BPJPH.

“Dengan mengisi data pada aplikasi SIHALAL, akan otomatis terhubung dengan aplikasi SAHIH Sucofindo saat pemohon sertifikasi halal memilih Sucofindo sebagai LPH” ujar Limlim dalam press rilis yang diterima Jurnalpost.

Salah satu peserta Bimtek, Badruzzaman Sembiring mengucapkan terimakasih kepada BI dan Sucofindo atas terselenggaranya kegiatan Bimbingan Teknis. Peserta dari UMKM Raudhah Water Sumatera Utara ini berharap hasil dari Bimtek ini dapat meningkatkan penjualan usahanya.

“Kegiatan ini akan memberikan kemudahan bagi kami pelaku UMKM dengan melakukan sertifikasi Halal. Tentunya akan memberikan nilai lebih terhadap penjualan produk kami,” ujar Badruzzaman.

Bimbingan teknis yang berlangsung pada tanggal 2 dan 3 Juni 2022 ini, turut dihadiri Satuan Petugas Halal Provinsi Sumatera Utara, Abdul Rahman dan Perwakilan Komisi Fatwa MUI, Irwansyah.

 

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 23 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Anggota Parlemen Minta Jasa Marga Terapkan MLFF Tahun Ini

3 Mei 2023 - 12:09 WIB

DPR RI

Peran Digitalisasi Dalam Kelancaran Arus Mudik Lebaran 2023

2 Mei 2023 - 21:39 WIB

DPR RI

Kementerian BUMN Dukung Pasar Murah BUMN

15 Juni 2022 - 14:00 WIB

Sucofindo

806 Pengusaha Diverifikasi Sucofindo, 616 Raih Sertifikat TKDN

15 Juni 2022 - 13:25 WIB

Sucofindo

Sucofindo Raih The Most Promising Company in Strategic Marketing

13 Juni 2022 - 15:55 WIB

Sucofindo

PAA PT Bukit Asam Dinyatakan Layak Operasi

13 Juni 2022 - 15:50 WIB

Sucofindo
Trending di Badan Usaha Negara