Menu

Mode Gelap
Kapan Musim Kemarau 2024? Begini Penjelasan BMKG Kota Semarang Dikepung Banjir Suhartoyo Terpilih Menjadi Ketua Makhamah Konstitusi 2023-2028 Bawaslu: Empat Kabupaten dan Kota di Papua Rawan Tinggi Dalam Pemilu 2024 GBT Siap Gelar Piala Dunia U-17

ESDM · 29 Agu 2022 06:20 WIB ·

Selain Tingkatkan Produksi Migas Nasional, Fabrikasi Offshore Berikan Multiplier Effect


 Selain Tingkatkan Produksi Migas Nasional, Fabrikasi Offshore Berikan Multiplier Effect. (Foto: Kemenko Perekonomian) Perbesar

Selain Tingkatkan Produksi Migas Nasional, Fabrikasi Offshore Berikan Multiplier Effect. (Foto: Kemenko Perekonomian)

JURNALPOST, Batam – Penerapan efisiensi hulu migas telah memberikan dampak yang positif bagi penerimaan negara. Hal ini didukung dengan harga minyak dunia yang tinggi.

Hingga Juni 2022, sedikitnya penerimaan sudah mencapai US$9.7 miliar dari hulu migas, yakni setara dengan Rp140 triliun. Ini sudah memenuhi sekitar 97,3% target capaian penerimaan negara pada APBN 2022 yaitu sebesar US$9.95 miliar.

Dalam mewujudkan capaian tersebut, pengembangan industri bangunan lepas pantai tentunya memiliki peran besar, tak terkecuali fabrikasi offshore di Batam.

Peningkatan investasi di Batam turut mendorong pengembangan industri tersebut, sehingga mampu meningkatkan produksi migas nasional. Termasuk memberikan multiplier effect hulu migas bagi perekonomian nasional maupun daerah.

Dalam rangkaian kunjungan kerja ke Batam, Sekretaris Kemenko Perekonomian Susiwijono Moegiarso beserta sejumlah Pemimpin Redaksi media massa nasional mengunjungi PT McDermott Indonesia di Batu Ampar, Batam, Kepulauan Riau, Sabtu (28/08).

PT McDermott Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa konstruksi minyak lepas pantai terbesar di Indonesia. Dan juga salah satu yang terbesar di dunia.

Dalam siaran persnya disebutkan, aktivitas jasa perkapalan McDermott di Batam berpengaruh cukup besar terhadap produksi McDermott secara global di dunia internasional.

Pada akhir bulan Agustus 2022, PT McDermott Indonesia mendapatkan Tyra Project seberat 23 ribu ton yang nantinya akan dikirimkan ke Denmark.

Perusahaan yang secara resmi mulai beroperasi di Batam pada tahun 1972 ini, memiliki total tenaga kerja sebanyak 7.000 orang (tahun 2022). Diperkirakan pada tahun 2024 akan mencapai 12.000 orang.

Penyediaan training center bagi pegawai juga menjadi fokus bagi PT McDermott Indonesia. Sehingga kinerja karyawan akan semakin produktif.

Menurutnya, hal ini merupakan langkah strategis dalam menjalankan proyek hingga tahun 2024 mendatang. Sehingga dapat menjadi angin segar dalam upaya pemulihan perekonomian daerah.

Bidang kerja PT McDermott Indonesia sebagai jasa konstruksi minyak lepas pantai, mencakup 5 sub-bidang yaitu manajemen proyek, engineering, fabrikasi, pengadaan material, dan instalasi lepas pantai.

Dukungan Pemerintah Daerah juga dilakukan dalam bentuk fasilitas pendukung investasi. Seperti jalan, pengembangan Bandara Hang Nadim, revitalisasi pelabuhan, hingga aplikasi pada sistem perizinan yaitu Online Single Submission (OSS).

Baca juga:
Pembiayaan APBN Mengantisipasi Dinamika Pasar Keuangan yang Volatile
Kemenkeu: Pendapatan Negara Tumbuh Signifikan

Pemerintah terus mengupayakan sinergi dari berbagai stakeholders agar produktivitas dapat meningkat dengan pesat dan memberikan kontribusi nyata terhadap perekonomian nasional.

Dengan adanya dukungan penuh dari Pemerintah dan stakeholders terkait, aktivitas perusahaan akan berjalan lancar dan mampu menciptakan iklim usaha yang lebih kondusif.

Penulis: Zainuddin
Editor: Djali Achmad

 

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 13 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Kapan Musim Kemarau 2024? Begini Penjelasan BMKG

15 Maret 2024 - 16:05 WIB

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, menjelaskan wilayah-wilayah mana saja yang awal kemaraunya diprediksi mundur.

Suhartoyo Terpilih Menjadi Ketua Makhamah Konstitusi 2023-2028

10 November 2023 - 15:45 WIB

Mahkamah Konstitusi (MK)

GBT Siap Gelar Piala Dunia U-17

10 November 2023 - 14:33 WIB

Piala Dunia U-17 Indonesia

Cacar Monyet (Monkeypox): Penyebab dan Gejalanya!

9 November 2023 - 17:44 WIB

Cacar Monyet

Vaksinasi Cacar Monyet Diprioritaskan Bagi Penderita Homoseksual

9 November 2023 - 16:47 WIB

Cacar Monyet

Penyakit Cacar Monyet Melonjak, Waspada!

9 November 2023 - 16:15 WIB

Cacar Monyet
Trending di Kesehatan