Menu

Mode Gelap
Kapan Musim Kemarau 2024? Begini Penjelasan BMKG Kota Semarang Dikepung Banjir Suhartoyo Terpilih Menjadi Ketua Makhamah Konstitusi 2023-2028 Bawaslu: Empat Kabupaten dan Kota di Papua Rawan Tinggi Dalam Pemilu 2024 GBT Siap Gelar Piala Dunia U-17

Desa · 1 Jun 2022 10:00 WIB ·

Lomba Gampong Guna Meningkatkan Potensi Gampong dan Peran Pemdes


Bupati Aceh Selatan Tgk. Amran saat menghadiri kegiatan Evaluasi/Lomba Gampong tingkat Provinsi Aceh. (Foto: Kab. Aceh Selatan) Perbesar

Bupati Aceh Selatan Tgk. Amran saat menghadiri kegiatan Evaluasi/Lomba Gampong tingkat Provinsi Aceh. (Foto: Kab. Aceh Selatan)

JURNALPOST | Aceh Selatan – Di Provinsi Aceh sedang berlangsung Lomba Gampong tingkat provinsi. Bupati Aceh Selatan dalam satu kesempatan menyampaikan bahwa kegiatan evaluasi/lomba gampong tingkat Provinsi Aceh, khususnya di wilayahnya, diharapkan mampu meningkatkan peran aparatur Pemerintah Kabupaten.

Bahkan Bupati Aceh Selatan Tgk. Amran mengharapkan lebih jauh lagi bahwa melalui kegiatan ini dapat membina dan memberdayakan masyarakat serta mendorong partisipasi masyarakat dalam percepatan pembangunan.

“Sehingga akan tercipta masyarakat gampong yang sejahtera, dengan cara menggali dan mengembangkan potensi gampong. Serta dapat diperoleh masukan yang berguna bagi perkembangan dan upaya pembenahan di masa mendatang,”jelas Bupati.

Tgk. Amran sangat mengapresiasi kepada tim pembina dan penilai evaluasi perkembangan gampong/lomba gampong tingkat kabupaten yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik. Sehingga dapat mengantarkan Gampong Pasie Meurapat mewakili Kabupaten Aceh Selatan di tingkat Provinsi Aceh.

Bahkan menurut Bupati, pihaknya dan masyarakat Gampong Pasie Meurapat sangat berharap Gampong Pasie Meurapat akan lebih mengukir prestasi hingga maju mewakili Provinsi Aceh ke tingkat regional.

Seperti diketahui, lomba gampong di Provinsi Aceh merupakan sebuah kegiatan atau ajang kompetisi yang sehat dan sportif dalam upaya meningkatkan potensi yang dimiliki oleh masing-masing gampong.

Selain itu, Lomba Gampong juga merupakan sarana atau media untuk melaksanakan evaluasi terhadap efektivitas penyelenggaraan Pemerintahan Desa. Hal itu sesuai peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Desa/Gampong.

Instrumen evaluasi perkembangan desa/gampong adalah alat ukur yang digunakan untuk menilai serta menentukan status tertentu dari capaian hasil tingkat perkembangan desa/gampong.

Sehingga melalui lomba ini diharapkan dapat lebih tergali kembali potensi-potensi yang dimiliki di masing-masing desa/gampong, termasuk upaya peningkatan potensi tersebut. Dan juga mampu menyempurnakan proses penyelenggaraan Pemerintahan Desa dalam upayanya membangun desa/gampong yang lebih baik.

 

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 21 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Kota Semarang Dikepung Banjir

15 Maret 2024 - 13:47 WIB

Warga Kota Semarang mendorong motor yang mogok akibat banjir.

Pesawat Ketiga Bantuan Kemanusiaan Indonesia untuk Palestina Tiba di El Arish

7 November 2023 - 14:16 WIB

Bantuan Kemanusiaan

Bantuan Kemanusiaan Indonesia untuk Palestina tiba di Mesir

6 November 2023 - 16:57 WIB

Bantuan Kemanusian

Presiden Joko Widodo Lepas Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina

4 November 2023 - 10:36 WIB

Presiden Joko Widodo

Penegak Hukum Harus Ungkap Fakta Penembakan di Kantor MUI Pusat

3 Mei 2023 - 09:08 WIB

DPR RI

Peran Digitalisasi Dalam Kelancaran Arus Mudik Lebaran 2023

2 Mei 2023 - 21:39 WIB

DPR RI
Trending di Badan Usaha Negara