Menu

Mode Gelap
Kapan Musim Kemarau 2024? Begini Penjelasan BMKG Kota Semarang Dikepung Banjir Suhartoyo Terpilih Menjadi Ketua Makhamah Konstitusi 2023-2028 Bawaslu: Empat Kabupaten dan Kota di Papua Rawan Tinggi Dalam Pemilu 2024 GBT Siap Gelar Piala Dunia U-17

Ragam · 23 Agu 2023 15:04 WIB ·

Kominfo Dukung Penuh Keterbukaan Informasi Publik


Kominfo Dukung Penuh Keterbukaan Informasi Publik. (Foto: Humas Kominfo) Perbesar

Kominfo Dukung Penuh Keterbukaan Informasi Publik. (Foto: Humas Kominfo)

JURNALPOST.ID – Penyediaan akses informasi yang luas, terbuka, bertanggung jawab untuk seluruh lapisan masyarakat merupakan amanat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP).

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi menyatakan keterbukaan dan transparansi adalah prasyarat utama dalam membangun akuntabilitas dan kepercayaan masyarakat. Oleh karena itu, Kementerian Kominfo memberikan dukungan penuh pelaksanaan keterbukaan informasi publik di setiap badan publik kementerian, lembaga dan pemerintah daerah.

“Bagi pemerintah, kepercayaan publik merupakan bahan bakar untuk menjalankan demokrasi dan roda pembangunan bangsa. Sedangkan akuntabilitas, yaitu harga yang perlu dibayar untuk meraihnya,” ucapnya dalam Grand Launching Informasi Publik info.go.id dan Bimtek Layanan Informasi Publik Nasional, yang berlangsung secara hibrida dari The Westin Hotel Jakarta Selatan, Rabu (23/08/2023).

Sebagai instansi yang turut membidangi lahirnya Undang-Undang tersebut, Menteri Budi Arie menegaskan komitmen  Kementerian Kominfo untuk hadir sebagai badan publik yang mendukung pelaksanaan keterbukaan informasi publik.

“Terutama untuk menghadirkan transparansi, akuntabilitas dan partisipasi publik dalam mengawal dan menghela kemajuan bangsa,” tandasnya.

Peluncuran Portal Informasi Publik info.go.id menjadi langkah awal bersama untuk mewujudkan layanan digital informasi publik yang lebih mudah bagi masyarakat untuk mengakses dan memanfaatkan aplikasi dengan optimal.

“Jadi, pengetahuan, informasi dan pendidikan, memainkan peran penting dalam mendorong keberhasilan dan kemajuan sebuah Masyarakat,” ujarnya mengutip ungkapan Kofi Annan, mantan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Dalam peluncuran itu, hadir Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo, Usman Kansong; Staf Khusus Menkominfo, Jobpie Sugiharto; dan Komisoner Bidang Penyelesaian Sengketa Informasi Publik Komisi Informasi Pusat, Syawaludin.

Hadir pula secara daring kepala Biro Hubungan Masyarakat di kementerian dan lembaga, serta pejabat fungsional bidang informasi dan komunikasi publik dari provinsi, kabupaten dan kota.

Penulis: Achmad S.
Editor: Djali Achmad

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 21 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Kapan Musim Kemarau 2024? Begini Penjelasan BMKG

15 Maret 2024 - 16:05 WIB

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, menjelaskan wilayah-wilayah mana saja yang awal kemaraunya diprediksi mundur.

Suhartoyo Terpilih Menjadi Ketua Makhamah Konstitusi 2023-2028

10 November 2023 - 15:45 WIB

Mahkamah Konstitusi (MK)

GBT Siap Gelar Piala Dunia U-17

10 November 2023 - 14:33 WIB

Piala Dunia U-17 Indonesia

Cacar Monyet (Monkeypox): Penyebab dan Gejalanya!

9 November 2023 - 17:44 WIB

Cacar Monyet

Vaksinasi Cacar Monyet Diprioritaskan Bagi Penderita Homoseksual

9 November 2023 - 16:47 WIB

Cacar Monyet

Penyakit Cacar Monyet Melonjak, Waspada!

9 November 2023 - 16:15 WIB

Cacar Monyet
Trending di Kesehatan