Menu

Mode Gelap
Kapan Musim Kemarau 2024? Begini Penjelasan BMKG Kota Semarang Dikepung Banjir Suhartoyo Terpilih Menjadi Ketua Makhamah Konstitusi 2023-2028 Bawaslu: Empat Kabupaten dan Kota di Papua Rawan Tinggi Dalam Pemilu 2024 GBT Siap Gelar Piala Dunia U-17

Ekonomi · 27 Jul 2022 15:00 WIB ·

Kemenkop UKM Dukung Kemudahan Pengurusan Legalitas UMKM


Kemenkop UKM Dukung Kemudahan Pengurusan Legalitas UMKM. (Foto: Kemenkop UKM) Perbesar

Kemenkop UKM Dukung Kemudahan Pengurusan Legalitas UMKM. (Foto: Kemenkop UKM)

JURNALPOST, Jakarta – Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) melalui Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (LLP-KUKM) melakukan kerjasama dengan stakeholder terkait.

Dalam kerjasama itu LLP-KUKM atau Smesco Indonesia selaku wakil pihak pemerintah melakukan kerjasama berupa Kontrak Hukum dengan menggandeng PT Legal Tekno Digital.

Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama itu (Memorandum of Understanding/MoU) terkait dengan pengurusan serta pendampingan legalitas usaha bagi UMKM.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan, kerja sama dengan Kontrak Hukum merupakan upaya kementerian yang dipimpinnya untuk memastikan kemudahan transformasi usaha dari sektor informal ke sektor formal.

Salah satunya, imbuh Menteri Teten, yaitu dengan memberikan kemudahan legalitas usahanya. Mulai dari izin berusaha, legalitasi sertifikasi, izin edar dari BPOM, hingga Hak Kekayaan Intelektual (HAKI).

“UMKM harus dibangun kesadarannya untuk memiliki brand atau merek mereka sendiri, dan hal itu harus dipatenkan. Supaya tak hanya dari keuntungan produk tapi juga valuasi brand valuenya juga ikut berkembang,” terang Menteri Teten.

Menteri Teten juga menambahkan, “Agar nanti kalau mau IPO (Initial Public Offering) di bursa untuk memperluas investasi bisa lewat brand yang kuat,” tambah Menteri Teten Masduki dalam konferensi pers Official Merchandise melalui kurasi Smesco Indonesia, sekaligus MoU antara KemenKopUKM dengan KontrakHukum.com di Gedung Smesco, Jakarta, Selasa (26/7).

Kerja sama tersebut juga untuk memastikan legalitas dari UMKM yang bergabung, baik dalam event nasional maupun internasional. KemenKopUKM dan Smesco Indonesia bekerja sama dengan Kontrak Hukum sebagai salah satu perusahaan yang memberikan jasa pengurusan legalitas berbasis web.

Hadir dalam kesempatan tersebut Direktur Utama (Dirut) Smesco Indonesia Leonard Theosabrata. Dirut Smesco mengatakan, legalitas usaha menjadi isu penting bagi UMKM di era digitalisasi. Terutama kaitannya dalam mendorong dari usaha informal ke usaha formal.

“Kami berharap, dengan dukungan Kontrak Hukum, UMKM bisa membuat PT (Perseroan Terbatas) lebih cepat. Bahkan taglinenya lebih cepat dari pada membuat kopi,” ucap Leonard.

Dalam kerja sama itu memungkinkan bagi Kontrak Hukum untuk menjadi salah satu tenant di Smesco. Sebab menurut Leonard hal itu selaras dengan visi Smesco sebagai Center of Excellence, yaitu dengan menyediakan akses keuangan hingga legalitas hukum.

“Sebentar lagi kami juga akan membangun cloud kitchen yang menjadi mini production serta membangun factory sharing di Smesco,” tambah Leonard.

Ia memastikan tentang bagaimana legalitas bagi para pelaku UMKM dapat dilakukan dengan teknologi yang mudah untuk digunakan.

“Karena kita tahu, mengurus sebuah PT tidaklah murah dan mudah. Justru dengan bantuan Kontrak Hukum semua dapat dilakukan secara digital dan lebih murah. User friendly sangat dibutuhkan dalam hal ini,” pungkasnya.

Sementara itu Direktur Utama Kontrak Hukum Rieke Caroline mengaku pihaknya sangat bersyukur dengan kerja sama yang dilakukan dengan KemenKopUKM.

Tentang rincian bentuk kerjasamanya ia mengatakan, pihaknya dipercaya menjadi mitra KemenKopUKM sebagai pendamping legalitas UMKM, serta kekayaan intelektual UMKM.

Kontrak Hukum kata Rieke, lahir dari inspirasi pelaku usaha yang kesulitan dalam mengurus legalitas. Pihaknya berkomitmen akan mendukung pengurusan perizinan legalitas dengan proses yang tidak panjang dan ribet, karena hal itu menggunakan sarana teknologi.

Baca juga:
20 UKM Mengisi Official Merchandise G20
Solo Keroncong Festival 2022 Ajang UMKM Berkreasi dan Berinovasi

“Kini dengan legalitas, aksesibilitas bagi UMKM menjadi mudah. Harganya juga sangat affordable bagi UMKM. Kami diberikan kesempatan menciptakan iklim yang sehat bagi pemenuhan legalitas dan siap membantu UMKM naik kelas. Di mana UMKM merupakan tulang punggung ekonomi Tanah Air,” ucapnya.

Penulis: Micky Wijaya
Editor: Djali Achmad

 

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 32 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Gaji 5 Juta Kini Kena Pajak?

3 Januari 2023 - 07:14 WIB

Gaji 5 Juta Kini Kena Pajak?

Menko Luhut: Penggunaan Sistim Digitalisasi Pelabuhan Indonesia Akan Lebih Efesien dan Hindari Korupsi

28 Desember 2022 - 14:34 WIB

Digitalisasi Pelabuhan

Dukung Pengembangan Electric Vehicle, Menko Airlangga Dorong Investasi Sektor Industri Otomotif

27 Desember 2022 - 15:56 WIB

Menko Airlangga

Kabupaten Kudus Gelar UMKM Expo Guna Dongkrak Pengembangan Ekonomi Kreatif

19 Desember 2022 - 07:10 WIB

UMKM Ecoprint

Pelaku Usaha IKM Gunungsitoli Dilatih Membuat Keripik Gamumu

12 Desember 2022 - 16:19 WIB

Kripik Gamumu

Citi Bersama Home Credit Dukung Fasilitas Pembiayaan Sosial Senilai 275 Miliar

10 Desember 2022 - 08:15 WIB

Citi Bank Home Credit
Trending di Ekonomi