Menu

Mode Gelap
Kapan Musim Kemarau 2024? Begini Penjelasan BMKG Kota Semarang Dikepung Banjir Suhartoyo Terpilih Menjadi Ketua Makhamah Konstitusi 2023-2028 Bawaslu: Empat Kabupaten dan Kota di Papua Rawan Tinggi Dalam Pemilu 2024 GBT Siap Gelar Piala Dunia U-17

Keagamaan · 23 Jun 2022 15:45 WIB ·

Kemenag Atur Ketentuan Hewan Kurban Idul Adha


 Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan keterangannya usai mengikuti rapat terbatas yang dipimpin Presiden Joko Widodo, pada Kamis, 23 Juni 2022. (Foto: BPMI) Perbesar

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan keterangannya usai mengikuti rapat terbatas yang dipimpin Presiden Joko Widodo, pada Kamis, 23 Juni 2022. (Foto: BPMI)

JURNALPOST, Jakarta – Dua pekan jelang hari raya Idul Adha 1443 hijriah, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyatakan pihaknya akan mengatur ketentuan pelaksanaan ibadah kurban.

Ketentuan itu didasari dua hal, pertama karena merebaknya penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak di Tanah Air. Kedua karena kebutuhan hewan ternak pada perayaan hari raya Idul Adha akan meningkat.

“Kementerian Agama akan melakukan pengaturan terkait bagaimana kurban hewan-hewan ternak dalam masa pandemi PMK ini,” ujar Yaqut dalam keterangan persnya di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Kamis, 23 Juni 2022.

Menteri Yaqut Cholil menjelaskan bahwa pihaknya akan terus berkoordinasi dengan ormas Islam di seluruh Indonesia untuk mensosialisasikan ketentuan hewan kurban di masa PMK kepada masyarakat.

Hal utama yang harus dipahami oleh masyarakat, imbuh Menteri Yaqut Cholil mengingatkan kembali, bahwa hukum kurban adalah sunnah muakad atau sunnah yang dianjurkan.

“Artinya, jika dalam kondisi tertentu kurban ini tidak bisa dilaksanakan maka kita tidak boleh memaksakan, akan dicarikan alternatif yang lain tentu saja,” jelas Menteri Yaqut Cholil seusai mengikuti rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo.

Baca juga:
Bangun Persemaian, Upaya Serius Menata Lingkungan
Indonesia Ingin Capai 5 Hal Bidang Kesehatan Di G20

Lebih lanjut, Yaqut menyatakan pihaknya akan melakukan koordinasi dengan ormas Islam dalam dua hari ke depan agar ketentuan hewan kurban dalam situasi sekarang ini dapat segera disampaikan kepada masyarakat.

“Selebihnya tentu kita (Kemenag) akan mengikuti aturan-aturan yang dikeluarkan oleh BNPB dan arahan Pak Menko,” tambahnya.

Penulis: Achmad S.
Editor: Djali Achmad

 

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 5 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Kota Semarang Dikepung Banjir

15 Maret 2024 - 13:47 WIB

Warga Kota Semarang mendorong motor yang mogok akibat banjir.

Pesawat Ketiga Bantuan Kemanusiaan Indonesia untuk Palestina Tiba di El Arish

7 November 2023 - 14:16 WIB

Bantuan Kemanusiaan

Bantuan Kemanusiaan Indonesia untuk Palestina tiba di Mesir

6 November 2023 - 16:57 WIB

Bantuan Kemanusian

Presiden Joko Widodo Lepas Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina

4 November 2023 - 10:36 WIB

Presiden Joko Widodo

Penegak Hukum Harus Ungkap Fakta Penembakan di Kantor MUI Pusat

3 Mei 2023 - 09:08 WIB

DPR RI

Peran Digitalisasi Dalam Kelancaran Arus Mudik Lebaran 2023

2 Mei 2023 - 21:39 WIB

DPR RI
Trending di Badan Usaha Negara