Menu

Mode Gelap
Kapan Musim Kemarau 2024? Begini Penjelasan BMKG Kota Semarang Dikepung Banjir Suhartoyo Terpilih Menjadi Ketua Makhamah Konstitusi 2023-2028 Bawaslu: Empat Kabupaten dan Kota di Papua Rawan Tinggi Dalam Pemilu 2024 GBT Siap Gelar Piala Dunia U-17

Ekonomi · 29 Agu 2022 08:45 WIB ·

KEK NDP Dukung Pengembangan Ekonomi Digital


 Menjadi IT Hub Digital Bridge ke mancanegara, KEK Nongsa Digital Park dukung pengembangan ekonomi digital. (Foto: Kemenko Perekonomian) Perbesar

Menjadi IT Hub Digital Bridge ke mancanegara, KEK Nongsa Digital Park dukung pengembangan ekonomi digital. (Foto: Kemenko Perekonomian)

JURNALPOST, Batam – Kebutuhan pengembangan teknologi digital saat ini semakin tinggi seiring tuntutan kemajuan teknologi, sehingga hal ini membuka peluang investasi bagi dunia usaha.

Dengan potensi industri digital di Indonesia yang begitu besar, menjadi latar belakang terbentuknya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Nongsa Digital Park (NDP) di Batam, sebuah kawasan yang menggarap peluang investasi di bidang industri digital.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menerangkan bahwa teknologi digital memiliki peran sangat penting serta telah membantu Pemerintah.

Termasuk membantu swasta dalam merampingkan proses bisnis yang rumit. Selain itu, teknologi digital juga membantu mempromosikan lingkungan kerja lebih praktis dan fleksibel.

Melanjutkan rangkaian agenda kunjungan di kota Batam, Sekretaris Kemenko Perekonomian Susiwijono Moegiarso dan sejumlah Pemimpin Redaksi media massa nasional mengunjungi KEK NDP, Minggu (28/08).

Dalam keterangan pers yang diterima Jurnalpost, kebijakan itu ditetapkan berdasarkan PP Nomor 68 tahun 2021. KEK NDP sendiri memiliki target total investasi sebesar Rp39,9 triliun dengan target penyerapan tenaga kerja sebesar 16.500 orang pada 2040.

Selain dikembangkan dengan sektor bisnis utama di bidang IT-Digital, KEK NDP juga melaksanakan kegiatan pendukung di bidang pengembangan pariwisata.

Pembangunan KEK NDP ini merupakan bagian dari upaya strategis Pemerintah dalam mendukung pengembangan ekonomi digital di Indonesia.

Termasuk sebagai konektivitas internasional khususnya di kawasan Asia Tenggara. Serta menjadi pilot plan kawasan berbasis service dan digital yang dapat direplikasi pada beberapa wilayah di Indonesia.

KEK NDP juga mampu menghemat devisa negara dalam bisnis digital hingga Rp20-30 triliun per tahun dengan kontribusi terbesar dari sektor data center dan pendidikan internasional.

Pengembangan KEK NDP di sektor IT-Digital mencakup data center, IT Office Park (co-working space), pendidikan IT, industri animasi dan perfilman, serta service center.

Di sektor pariwisata sendiri, KEK NDP telah dibangun menjadi kawasan pariwisata pendukung ekosistem industri digital.

Infrastruktur turut disiapkan mulai dari jalan kawasan dan drainase, air, listrik, ferry terminal, hingga jaringan telekomunikasi.

Sebagai entry point bagi perusahaan IT internasional dari Singapura dan mancanegara, KEK NDP juga telah ditetapkan menjadi IT Hub Digital Bridge Indonesia ke Singapura dan mancanegara.

Pembangunan KEK NDP telah memaksimalkan koneksi internet internasional. Terdapat 7 kabel FO bawah laut berjarak 2-3 km dari KEK NDP yang dapat dimaksimalkan mengembangkan data center dan industri animasi.

Terkait SDM, adanya transfer teknologi di bidang IT mampu membuat KEK NDP menjadi pusat pengembangan SDM tenaga IT muda Indonesia menjadi technopreneur.

Baca juga:
Selain Tingkatkan Produksi Migas Nasional, Fabrikasi Offshore Berikan Multiplier Effect
Pembiayaan APBN Mengantisipasi Dinamika Pasar Keuangan yang Volatile

Berbagai program pelatihan yang sedang berjalan telah menghasilkan total 560 IT lokal yang hampir semuanya sudah tersalurkan ke industri IT.

Sesmenko Susiwijono, Deputi Wahyu Utomo, dan Staf Ahli Elen Setiadi, menyempatkan diri menyambangi Infinite Frameworks Studio. Yaitu sebuah studio animasi di KEK NDP dan terbesar di Asia Tenggara, yang telah bekerja sama dengan Disney, Netflix, hingga Nickelodeon.

Penulis: Zainuddin
Editor: Djali Achmad

 

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 19 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Gaji 5 Juta Kini Kena Pajak?

3 Januari 2023 - 07:14 WIB

Gaji 5 Juta Kini Kena Pajak?

Menko Luhut: Penggunaan Sistim Digitalisasi Pelabuhan Indonesia Akan Lebih Efesien dan Hindari Korupsi

28 Desember 2022 - 14:34 WIB

Digitalisasi Pelabuhan

Dukung Pengembangan Electric Vehicle, Menko Airlangga Dorong Investasi Sektor Industri Otomotif

27 Desember 2022 - 15:56 WIB

Menko Airlangga

Kabupaten Kudus Gelar UMKM Expo Guna Dongkrak Pengembangan Ekonomi Kreatif

19 Desember 2022 - 07:10 WIB

UMKM Ecoprint

Pelaku Usaha IKM Gunungsitoli Dilatih Membuat Keripik Gamumu

12 Desember 2022 - 16:19 WIB

Kripik Gamumu

Citi Bersama Home Credit Dukung Fasilitas Pembiayaan Sosial Senilai 275 Miliar

10 Desember 2022 - 08:15 WIB

Citi Bank Home Credit
Trending di Ekonomi